Minggu, 13 November 2011

Pengaruh Iklan Televisi

Di zaman sekarang kebanyakan acara channel televisi tidak banyak mengandung unsur yang baik. Bahkan bisa menjerumuskan banyak anak kecil yang mengikuti adegan televisi yang kadang tidak layak sekali atau tidak pantas dilakukan karena karakter yang anak tirukan adalah adegan orang dewasa. Orang tua juga harus memantau anaknya untuk menonton acara televisi yang sesuai dengan umur si anak. Karena bisa mengganggu pertumbuhan anak hanya karena acara-acara televisi yang tidak berbobot untuk layak ditonton.

Televisi merupakan salah satu media informasi yang sangat umum di masyarakat. Hampir semua informasi penting akan diberitakan melalui televisi. Maka dari itu televisi terasa begitu bermanfaat dan signifikan untuk kepentingan media informasi. Dan di setiap tayangan televisi akan terdapat sesaat untuk jeda iklan sebelum tayangan tersebut dilanjutkan. Iklan tersebut berbagai macam bentuk dan tayangannya. Iklan tentu saja akan menampilkan sesuatu produk atau hal yang diiklankan. Iklan menjadi salah satu sarana promosi yang sangat diminati oleh perusahaan-perusahaan yang berkualifikasi menengah ke atas. Hal ini dikarenakan biaya untuk iklan tersebut cukup mahal. Dibalik itu semua, tentu saja terdapat dampak yang akan diterima oleh penonton televisi tersebut. Dampak itu tidak selalu mengarah pada sesuatu yang negatif, tetapi juga terdapat dampak yang positif.

Dampak yang baik tentu saja akan diterima dengan baik juga oleh si penonton televisi tersebut, akan tetapi dampak yang negatif atau buruk mungkin ada yang tidak terasa atau berdampak langsung kepada si penonton. Seperti dimisalkan seorang anak kecil yang menonton televisi dan pada saat itu terdapat sebuah iklan yang berbau dewasa. Hal inilah yang dapat dikatakan dampak negatif dari iklan tersebut. Sedangkan dampak yang baik dapat kita lihat pada iklan-iklan seperti iklan lingkungan, yang dimana pada iklan tersebut digambarkan betapa pentingnya dari kepedulian terhadap lingkungan. Tentu saja sesuatu yang baik akan berdampak baik juga bagi si penonton. Hal-hal demikian hanyalah contoh dari pengaruh-pengaruh iklan di televisi yang berdampak positif dan negatif.

Hal-hal demikian tentunya sudah harus dapat diantisipasi oleh si penonton televisi. Bila anak kecil yang menonton televisi, ada baiknya jika orangtua turut menemani dan mengarahkan pada saat menonton tersebut. Dampak atau pengaruh mungkin tidak dapat begitu saja dihindari, namun paling tidak dapat diantisipasi. Dari semua hal tersebut dapat diketahui, bahwa sesuatu yang baik itu belum tentu benar akan tetapi sesuatu yang benar itu sudah pasti baik. Tontonlah sesuatu yang benar bukan hanya saja yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar