Minggu, 13 November 2011

Manfaat Membaca

Buku pengetahuan adalah pegangan hidup bagi manusia. Selain daripada keimanan yang kita percaya, buku pengetahuan sangatlah bermanfaat tujuan mana yang akan kita capai guna melanjutkan atau memenuhi kebutuhan hidup selama hidup didunia. Untuk mencapai cita0cita yang akan kita capai kita sangat butuh sekali pegangan buku, dan membacanya guna memperdalam apa isi pengetahuan yang ada dalam buku. Dengan membaca kita akan semakin tahu apa sih isi dari buku tersebut dan mencernanya dengan melakukan praktek secara berkala sehingga membuahkan hasil yang maksimal untuk kemampuan yang kita tampung untuk memahami dari buku yang kita baca.

Ada bahasa yang mengatakan baca buku buka dunia. Kata-kata tersebut saya baca dari sebuah gambar. Kata-kata tersebut sangat memberikan inspirasi, tentu saja untuk mengajak kita membudayakan membaca. Menurut saya, tidak ada sisi buruknya dari membaca, tinggal dari sudut pandang mana kita melihat bacaan tersebut.

Membaca adalah suatu kegiatan dasar yang diajarkan semenjak kita kecil. Hal ini diajarkan semenjak kecil tentu saja dengan maksud dan tujuan yang jelas. Hal ini dimaksudkan supaya membaca menjadi suatu hal yang biasa dan terbiasa dilakukan. Membaca memberi kita pengetahuan dari berbagai pengetahuan yang ada di kehidupan ini.

Membaca akan terasa begitu melelahkan dikarenakan tak terbiasa. Apabila sudah terbiasa dengan membaca, membaca akan menjadi suatu hal yang menyenangkan. Bahkan bisa menjadi hobi yang tak terlepaskan. Untuk memulai membaca tentu saja harus dari bacaan yang kita sukai dan minati. Berawal dari membaca, kesuksesan pun dapat diraih. Membaca memberi pengetahuan lebih tentang dunia. Membaca memberi celah-celah bagaimana mengatasi persoalan-persoalan. Membaca pun dapat menjadi sebuah pekerjaan yang penting, seperti pembaca berita di televisi. Membaca melatih kita untuk memulai sesuatu secara perlahan, huruf per huruf, kata per kata, kalimat per kalimat, bahkan hingga paragraf. Membaca melatih kita untuk menyadari betapa pentingnya proses, seperti proses membaca dari awal hingga akhir.

Bagi saya, membaca selalu memberi pengaruh yang baik. Walaupun terdapat bacaan yang keliru, namun kekeliruan pun suatu pengetahuan yang seharusnya kita telaah dengan kacamata yang positif. Kita harus memandang sisi baik atau positif apa yang dapat kita peroleh. Yang baik kita terima, yang buruk alangkah baiknya menjadi bahan pembelajaran. Begitu banyak sekali manfaat yang didapat dari membaca, maka dari itu mulailah untuk membaca. Jadikanlah membaca sebagai budaya yang positif dan dipertahankan. Dari membaca membuat kita tahu, pengetahuan membuat kita mengerti, pengertian membuat kita tidak tersesat dalam kehidupan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar