Jumat, 05 November 2010

perkembangan ekonomi koperasi kerakyatan di sumut

Maksimalisasi Koperasi Syariah Kembangkan Ekonomi Kerakyatan di Sumut

KabarIndonesia - Pusat Koperasi Syariah – BMT Sumatera Utara menyelenggarakan Pelatihan Manajemen Ekonomi Syari’ah dengan Thema “Maksimalisasi Koperasi Syari’ah Kembangkan Ekonomi Kerakyatan di Sumatera Utara”. Pelatihan dilaksanakan di Balai Desa Manunggal, Kabupaten Deli Serdang. Pelatihan ini dilaksanakan secara mandiri yang diikuti dari koperasi-koperasi yang baru berdiri diantaranya Koperasi Syari’ah BMT STAIS Tebing Tinggi Deli, KSU Syariah BMT Rakyat Membangun Kabupaten Deli Serdang, KSU Syariah Hidayah Kabupaten Deli Serdang, dan KSU Gema Bina Mandiri Kota Medan.

Pelatihan tersebut bertujuan meningkatkan kemampuan dan pengetahuan para pengelola dan pengurus di bidang pengelolaan operasional perkoperasian syari’ah. Pelatihan ini dilaksanakan dari tanggal 4-7 Juni 2010 yang difasilitasi oleh tim fasilitator PusKopSyah BMT Sumatera Utara.

Bapak Yusman sebagai Ketua PusKopSyah BMT Sumatera Utara mengatakan pada saat pembukaan pelatihan bahwa pelatihan seperti ini sangat jarang terjadi karena beberapa koperasi syariah berinisiatif menawarkan kerja sama dengan PusKopSyah BMT Sumut, baru ketiga kalinya dengan biaya mandiri. Pelatihan seperti ini akan lebih cepat memacu kemandirian koperasi syari’ah BMT di dalam melayani anggotanya, dan juga ekonomi syari’ah adalah salah satu yang paling tepat menyelesaikan krisis permodalan bagi usaha kecil yang langsung maupun tidak langsung menjadi anggota atau tidak menjadi anggota akan tetap dilayani karena pengelola dan pengurus koperasi sebagai pendamping usaha masyarakat, serta tumbuhnya koperasi syari’ah menciptakan lapangan kerja baru bagi generasi muda dan menumbuhsuburkan semangat wirausaha di kalangan generasi muda.

Kegiatan pelatihan ini akan ditutup sekaligus dengan kegiatan penyuluhan pendirian koperasi oleh tim penyuluh Dinas Koperasi dan UKM Pemerintahan Kabupaten Deli Serdang.

Bapak Misgiat, S.Sos sebagai Kepala Desa Manunggal mengatakan, dengan tumbuhnya koperasi-koperasi syari’ah di wilayah administrasi kerjanya sangat membantu pertumbuhan peningkatan ekonomi UKM dan masyarakat umumnya. Hal ini perlu didukung dari berbagai pihak masyarakat yang mampu untuk membangun gerakan tabungan dan simpanan investasi yang dapat digunakan untuk tujuan peningkatan ekonomi kesejahteraan rakyat.

sumber : http://www.kabarindonesia.com/berita.php?pil=10&jd=Maksimalisasi+Koperasi+Syariah+Kembangkan+Ekonomi+Kerakyatan+di+Sumut&dn=20100605181316

Tidak ada komentar:

Posting Komentar